Sabtu, 30 Oktober 2010

DRAG RACE MOTOR

Balap Dragrace motor



 Drag motor balap bisa sebagai ajang bertemunya para pembalap dan mekanik dari bengkel tertentu dengan pembalap dan mekanik dari bengkel yang lain. Drag race motor berawal dari semakin maraknya drag race motor liar yang digelar di jalanan. Mengingat bahayanya balapan seperti itu, drag race motor resmi jakarta atau kota – kota lain digelar untuk memberikan wadah bagi pembalap yang ingin membalap dengan aman.

Balap drag race motor ini mengadu motor di lintasan lurus dan biasanya ada dua lintasan dan di berangkatkan secara bersamaan. Penghitungannya berdasarkan waktu tempuh yang mampu dilewati oleh pembalap dari garis start sampai pada garis finish. Dan ada beberapa kelas yang dilombakan disini, dan penggolongan kelas tersebut dibedakan berdasarkan jenis motor dan juga kapasitas mesin yang dipakai. Jenis motor bisa motor bebek atau motor sport dan juga 2 tak dan 4 tak.

Kapasitas mesin yang diperlombakan disini meliputi 115 cc sanpai 200 cc dan ada juga yang samapi diatas itu. Sebagai contoh motor 2 tak drag race rx king masuk di kelas sport 2 tak. Disamping itu kelas drag race motor yang paling tinggi adalah kelas FFA atau Free For All. Jadi di kelas ini sembarang motor bisa ikut berlomba, mulai dari Kawasaki Ninja sampai Special engine (SE) banyak mengisi starting list di kelas ini.

Dan yang paling fenomenal di kelas ini adalah munculnya motor drag mio soul yang tergolong motor matik dan mampu mencatatkan waktu tidak kalah dengan motor – motor sport ataupun motor- motor SE. hal tersebut bisa menjadi bukti bahwa motor – motor matik juga mempunyai tenaga dan kemampuan yang sama dengan motor sport.

Disamping itu komponen racing untuk motor matik khususnya motor Yamaha mio memang terhitung cukup banyak. Bahkan komponen racing untuk rangka berbahan titaniumpun sudah ada khusus untuk motor drag mio soul atau mio yang lain.

Kelebihan yang lain dari motor matic sehingga mampu beradu di kelas FFA adalah transmisinya yang sudah otomatis. Dengan transmisi yang otomatis memungkinkan sang joki bisa langsung geber motor balapnya tanpa harus melakukan perpindahan gigi. Padahal untuk perpindahan gigi tersebut sang joki memerlukan waktu.

sumber 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar